Skip to menu

XEDITION

Perkenalan Perusahaan

Pendaftaran IBO dan Peraturan Manajemen

Peraturan Registrasi dan Pengelolaan IBO


1. Peraturan ini mengatur hal-hal mendasar yang diatur oleh PT GEMMA Korea (selanjutnya disebut dengan perusahaan) dan harus disetujui oleh IBO yang bergabung.
2. Kebijakan Manajemen ini, bersama dengan peraturan lainnya, dianggap sebagai bagian dari syarat dan ketentuan Perjanjian Kelayakan IBO.
3. Jika IBO perusahaan melanggar ketentuan dalam Peraturan Manajemen ini, perusahaan berhak untuk membatasi atau mencabut hak yang diberikan kepada pelanggar dengan peringatan, penangguhan dan penghentian Regulasi.
4. IBO harus sadar dan mematuhi peraturan manajemen perusahaan.
5. Perusahaan berhak untuk mengubah kebijakan dan prosedur operasi bisnis. Jika ada perubahan, maka IBO akan diberitahu melalui laman situs perusahaan.

 

Bab 1: Ketentuan Umum

 

[Pasal 1] Tujuan
Peraturan ini berisikan ketentuan bersama antara PT GEMMA Korea (selanjutnya disebut dengan “perusahaan”) dan IBO GEMMA Korea (selanjutnya disebut dengan “IBO”) untuk menjual produk PT GEMMA Korea (selanjutnya disebut dengan “produk”). Dengan berpegang pada prinsip ini, perusahaan bertujuan untuk membangun budaya distribusi yang sehat dan benar yang selanjutnya dapat membangun kesejahteraan bersama antara perusahaan dan IBO.

 

[Pasal 2] Cakupan Penerapan Aturan
IBO Perusahaan tunduk pada ketentuan dalam peraturan ini, kecuali yang diatur dalam Manajemen IBO lainnya.

 

[Pasal 3] Hukum yang Berlaku
Perusahaan ini berbasis di Korea dan semua transaksi, login anggota, dan situs web juga berbasis di Korea. Oleh karena itu, setiap individu harus harus memastikan bahwa tidak ada masalah hukum di negara tempat ia tinggal. Saat memasuki luar negeri, kami menerapkan undang-undang terkait dengan negara yang bersangkutan.

 

[Pasal 4] Pemberlakuan
Aturan ini berlaku untuk semua IBO yang terdaftar sebagai IBO perusahaan.

 

Bab 2: Pendaftaran IBO

 

[Pasal 5] Syarat IBO
Usia, pendidikan, karir, profesi, jenis kelamin, agama, atau kecacatan fisik lainnya. Namun, pendaftaran terbatas pada mereka yang tidak sesuai dengan Pasal 6.

 

[Pasal 6] Batasan dalam Pendaftaran IBO
Pendaftaran dibatasi untuk orang-orang berikut.
1. Seseorang yang diakui oleh hukum sebagai orang yang sah atau tidak mampu (selanjutnya disebut “tidak kompeten”, yang berarti secara verbal tidak dapat menyampaikan informasi yang akurat).
2. Orang yang berada di penjara atau lembaga rehabilitasi nasional
3. Orang yang berusia di bawah 18 tahun pada saat pendaftaran
4. Badan hukum

 

[Pasal 7] Pendaftaran IBO Baru
1. Semua IBO harus terdaftar dengan nama asli mereka dan perusahaan hanya menerima persyaratan dari atasan yang terdaftar (tidak dapat mengklaim hak orang lain setelah menandatangani nama pinjaman).
2. IBO baru adalah orang yang telah terdaftar berdasarkan rekomendasi IBO yang terdaftar.
3. Saat mendaftarkan IBO, Anda harus memasukkannya sendiri. Masalah yang timbul ketika terjadi kesalahan dalam pendaftaran yang dilakukan oleh perwakilan IBO merupakan tanggung jawab dari IBO itu sendiri.
4. Jika Anda mengirimkan salinan KTP dan salinan akun Anda ke IBO yang terdaftar, Anda tidak dapat mengubah keanggotaan Anda dengan mengirimkan salinan identitas dan rekening bank Anda kepada orang lain.

 

[Pasal 8] Persetujuan Kedudukan IBO
Kelayakan IBO berlaku apabila pemohon terdaftar telah menerima nomor ID IBO unik dari perusahaan dan kedudukan IBO adalah kebijakan perusahaan semata.

 

[Pasal 9] Pengertian IBO
IBO yang terdaftar dalam perusahaan adalah IBO yang independen secara mandiri menilai dan memutuskan rencana bisnis dan sistem kompensasi yang terbuka oleh perusahaan, serta barang dagangan yang menurut pendapat masing-masing IBO menguntungkan untuk melakukan kegiatan berbisnis dengan bertanggung jawab secara hukum.

 

[Pasal 10] Pengelolaan Informasi Milik IBO
IBO harus menyebutkan secara jelas rincian dan rekomendasi pribadi mereka sesuai dengan prosedur tertentu pada saat pendaftaran. Tanggung jawab atas kesalahan merupakan tanggung jawab masing-masing pihak yang berkepentingan. Selain itu, pihak IBO harus segera memberitahukan kepada perusahaan tentang perubahan yang dibuat atas informasi pribadi (alamat, nomor telepon, dsb.) dan kesalahan data merupakan tanggung jawab masing-masing pihak.

 

Bab 3: Kewajiban IBO

 

[Pasal 11] Kewajiban untuk Mengetahui dan Menyampaikan Informasi yang Tepat
Perusahaan memberikan ketentuan umum dan informasi produk perusahaan pada saat pendaftaran IBO. Oleh karena itu, IBO harus mengetahui seluruh peraturan dan informasi resmi yang ada dalam perusahaan, kemudian meneruskannya tanpa merusak ataupun membesar-besarkan kontennya.

 

[Pasal 12] Kewajiban dalam Aktivitas Penjualan
Semua IBO bertanggung jawab atas kejujuran dan keakuratan informasi yang disampaikan setelah mencoba sendiri produk yang dijual. Selain itu, seluruh IBO harus meninggalkan kontak yang dapat dihubungi kepada sub-IBO atau pedagang yang menjual produk mereka.

 

[Pasal 13] Dukungan Pelatihan Penuh
Seluruh IBO akan menerima pelatihan penuh IBO sebagai salah satu keuntungan yang diberikan oleh perusahaan. Pelatihan ini wajib diberikan kepada IBO peringkat bawah dan perusahaan bertanggung jawab untuk mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi IBO.

 

[Pasal 14] Kewajiban Membayar Pajak
Semua IBO harus memenuhi tanggung jawab pajak mereka sesuai dengan undang-undang pajak Korea jika memperoleh penghasilan melalui penjualan produk perusahaan.

 

[Pasal 15] Kewajiban Mematuhi Undang-undang dan Peraturan Terkait
Semua IBO dianggap telah berjanji pada Kebijakan Manajemen IBO dan menyetujui peraturan perusahaan pada saat pendaftaran. Oleh karena itu, IBO harus mematuhi undang-undang dan peraturan terkait dalam melakukan kegiatan usaha.

 

Bab 4: Kedudukan dan Kegiatan IBO

 

[Pasal 16] Pembagian IBO
IBO dibagi menjadi anggota aktif dan tidak aktif, tergantung pada kinerja penjualan dan keaktifan anggota. Jika IBO belum memperbarui resume selama 6 bulan terakhir atau jika hanya ada satu kegiatan tambahan, Anda akan diklasifikasikan sebagai anggota tidak aktif.

 

[Pasal 17] Pembaharuan Kedudukan
Perpanjangan hak akan dilakukan jika IBO memperbaharuinya setiap tahun sejak tanggal pendaftaran. Selain itu, anggota yang tidak aktif akan kehilangan akumulasi pendapatan mereka dan pensiun akan tertahan. Ketika IBO melakukan penjualan kembali atau satu kegiatan lainnya, mereka baru akan dibayar terhitung dari hari itu.

 

[Pasal 18] Penugasan dan Pewarisan Hak-hak IBO
Peraturan ini akan dialihkan dan diwarisi (oleh hukum waris) sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku di setiap negara tempat Anda berada.

 

Bab 5: Larangan Bagi IBO

 

[Pasal 19] Pemaksaan Pendaftaran IBO dan Kontrak Berbisnis
Memaksa IBO untuk bergabung atau menjual dan memaksa mereka untuk menghentikan atau mengganggu kontrak.

 

[Pasal 20] Tindakan yang Membebankan
IBO atau peserta yang ingin mendaftar menjadi IBO membebankan atau dibebankan biaya atas nama alat bantu penjualan langganan, biaya pribadi, biaya pelatihan, dll. serta dana untuk merekrut ataupun mensponsori IBO lainnya.

 

[Pasal 21] Bergabung dengan IBO Tanpa Persetujuan
Tindakan mendaftarkan (mengirimkan) anggota IBO tanpa persetujuan dari orang tertentu, ataupun menerima salinan kartu identitas dan buku tabungan untuk keperluan lain, seperti asuransi, untuk bergabung dengan IBO.

 

[Pasal 22] Iklan Palsu dan Kelalaian dalam Penyampaian Informasi
Lalai dalam menyampaikan informasi mengenai produk perusahaan dan standar pembayaran, baik berupa informasi yang tidak akurat ataupun dilebih-lebihkan. Selain itu, termasuk juga apabila IBO tidak menghubungi kembali setelah penjualan produk atau jika hanya mengirimkan produk tanpa melakukan tindak lanjut.

 

[Pasal 23] Mendukung Peruntungan/Perjudian dan Obral Harga Produk
Mempromosikan standar pembayaran pendapatan dari perusahaan dan mendorong orang untuk berinvestasi dalam jumlah besar dengan tujuan untuk menghasilkan uang banyak hanya dengan bergabung dengan perusahaan. Selain itu, termasuk juga memengaruhi orang-orang yang tidak dapat melakukan transaksi jual beli (siswa, anak di bawah umur, orang tua, orang yang tidak mampu, dsb) dengan mengobral harga produk perusahaan.

 

[Pasal 24] Tindakan Iklan Media Massa
1. Dilarang mengiklankan produk melalui media atas nama perusahaan tanpa persetujuan dari perusahaan, atau memproduksi dan mendistribusikan iklan cetakan yang berkaitan dengan perusahaan.
2. Menjual produk atau merekrut IBO untuk jumlah orang yang tidak ditentukan secara terbuka.

 

[Pasal 25] Perubahan Garis
Tindakan mengubah garis komando, menggunakan nama samaran atau julukan, ataupun mendorong perubahan garis dalam bentuk apapun, untuk struktur organisasi IBO yang telah terbentuk, terlepas dari ketidakmampuan anggota tersebut.

 

[Pasal 26] Penyalahgunaan Posisi Pangkat dan Kewajiban untuk Menunjang Pelatihan
Menggunakan tingkat posisi IBO untuk mengkritik IBO yang lebih rendah secara terbuka melalui pelecehan verbal dan komentar kritis tanpa adanya pelatihan/pendidikan terhadap kemampuan IBO tersebut.

 

[Pasal 27] Fitnah Terhadap Perusahaan dan IBO
Dengan sengaja memfitnah perusahaan dan IBO ataupun mengungkapkan fakta di tempat umum serta pribadi yang dapat merusak kehormatan keduanya.

 

[Pasal 28] Pendaftaran dan Aktivitas IBO Perusahaan Lain
1. Jika IBO mempromosikan atau menjual produk atau melakukan usaha di perusahaan lain yang mengurangi kinerja sebagai IBO, terutama jika ada direksi yang terlibat dalam bisnis perusahaan lain, maka perusahaan akan segera mengakhiri kedudukan IBO tersebut.
2. Memberikan pendidikan pada IBO yang tidak terkait dengan bisnis (seperti keadaan saat ini, opini politik) ataupun menjual materi pelatihan tanpa izin dari perusahaan.

 

[Pasal 29] Pembelian atau Intimidasi Tanpa Alasan
Membeli produk dengan jumlah yang tidak masuk akal untuk tujuan meningkatkan atau menerima keuntungan dari seseorang atau mitra, serta mengintimidasi anggota IBO yang memiliki tingkat lebih rendah.

 

[Pasal 30] Pengembalian Barang
1. Tindakan merusak sebagian produk ataupun memutuskan hubungan dengan tujuan untuk menunda dan menghalangi proses pengembalian barang IBO yang mengarah pada penundaan pemakaian produk.
2. Tindakan mengembalikan atau menukar barang tanpa persetujuan dari IBO.
3. Tindakan secara sengaja dan terorganisir menumpuk untuk mengembalikan barang dengan alasan pindah ke perusahaan lain ataupun alasan lainnya.

 

 [Pasal 31] Pengalihan Status IBO
Bernegosiasi dan mengalihkan status kedudukan IBO.

 

[Pasal 32] Transaksi Keuangan dan Pengiriman Barang
Dilarang menguangkan atau mengganggu transaksi keuangan antara IBO tanpa melakukan perdagangan barang, ataupun tidak mengantarkan barang setelah penjualan.

 

[Pasal 33] Peniruan Identitas Karyawan Perusahaan dan Hak Eksklusif
Meniru identitas karyawan ataupun salah mengidentifikasi karyawan sebagai anggota IBO perusahaan. Termasuk juga meniru produk perusahaan sebagai produk perusahaan lain dan meniru hak pemasaran eksklusif atau monopoli lokal perusahaan.

 

[Pasal 34] Skandal antara Perusahaan dan IBO
Tindakan tidak mematuhi peraturan bisnis perusahaan dengan mengajukan tuntutan individu, menginterupsi bisnis, dan membuat gangguan atau kekerasan dalam bisnis perusahaan. Termasuk pula tindakan kekerasan dalam pusat pendidikan, seperti kerusuhan, pembicaraan kasar, dan penawanan.

 

[Pasal 35] Pembentukan Organisasi Lain di Dalam Perusahaan
Pembentukan kelompok di dalam organisasi penjualan untuk tujuan lain (bisnis di luar perusahaan, hubungan pertemanan, dsb.) dan penggunaan dengan nama lainnya secara terbuka ataupun memprioritaskan tujuan kelompok dibandingkan dengan perusahaan. Termasuk juga tindakan menghimpun IBO dan memengaruhi para anggota setingkat.

 

[Pasal 36] Kegiatan Bisnis Lain yang Tidak Biasa, seperti Bergabung Bersama, Melarikan Diri, dsb.
Kegiatan seperti melarikan diri dengan meninggalkan bisnis, mengumpulkan dua orang atau lebih dalam kelompok, kemudian melakukan bisnis lainnya, termasuk mengetahui serta mendukung kegiatan tersebut.

 

[Pasal 37] IBO yang Tidak Bertanggung Jawab
Meminta tindakan disipliner dari IBO lain tanpa bukti spesifik dan mengajukan tanda tangan kolektif dengan cara yang salah. Termasuk juga menyarankan penghapusan tindakan disipliner dengan alasan kesalahpahaman dan penyelesaian konflik secara sepihak setelah mengajukan keluhan pada perusahaan.

 

[Pasal 38] Sikap Berbisnis yang Tidak Etis
1. Perzinahan, kabur karena ketidaksetujuan keluarga, perilaku tidak etis antar-IBO lainnya.
Jika mengalami masalah pribadi seperti di atas yang dapat merusak ataupun menghilangkan citra perusahaan dan IBO yang baik, maka Anda dapat menonaktifkan status IBO.
2. Melakukan kesalahan dalam pendaftaran dan kegiatan penjualan IBO.

 

[Pasal 39] Penyalahgunaan Uang (Dikenakan pada Kartu Kredit Penjualan)
Bagi IBO yang melakukan tindakan penyalahgunaan dana dari penjualan, baik mengganti kartu milik perusahaan ke kartu sendiri ataupun orang lain, akan dikenakan peraturan khusus berikut ini.
 

1. Pelaku
① IBO yang melakukan penggelapan dana
② IBO yang direkomendasikan memiliki posisi tinggi
③ Meminjam kartu kredit dan menerima penyelewengan dana (tindakan sebagai pemberi pinjaman)
④ Kasus ketika IBO tidak melakukan kegiatan jual beli dengan dalih untuk menyetujui dan menerima penggelapan dana (IBO yang menyelewengkan dana tunai)
 

 

Tingkat Pelanggaran Jenis Pelanggaran Sanksi
A 1. Terungkap menyalahgunakan dana yang masuk ke perusahaan sebanyak dua kali dalam sebulan.
2. Menggelapkan uang dan memutuskan komunikasi.
3. Pelaku mengganti alamat dan pindah ke perusahaan lain.
4. IBO yang mengakui adanya pemasukan retur IBO yang disalahgunakan, namun menolak untuk mengembalikannya.
5. Perusahaan dilaporkan tentang penerimaan uang tunai oleh agen pengaduan kantor pemerintah.
Penghapusan nama
B 1. IBO baru diminta oleh IBO yang lebih tinggi untuk menyerahkan uang sebelum pendaftaran melalui kartu kredit yang bertujuan untuk menalangi dana.
2. IBO yang menerima dana yang disalahgunakan setelah 15 hari batas waktu laporan awal pada perusahaan.
3. Berhubungan dengan poin Tingkat B ayat 2, sanksi yang sama diterapkan pada kasus IBO tinggi pelaku penggelapan dana yang belum terbongkar sampai lapis kedua.
4. Kasus penipuan, baik dengan metode manapun atau alasan pribadi lainnya. (Khususnya kasus dengan alasan terikat waktu tenggat bank tanpa ada perundingan sebelumnya)
Skors 30 hari
C 1. IBO yang menggelapkan dana sudah menyelesaikan kasus tersebut dalam 7 hari setelah melakukan laporan.
2. IBO yang telah menerima dana penyelewengan, kemudian menyelesaikan kasusnya dalam 7 hari melalui kesepakatan bersama.
3. Tindakan penggelapan dana dan peminjaman kartu kredit untuk memasukkan dana yang telah diselewengkan (sanksi akan disesuaikan dengan kasus masing-masing apabila IBO yang meminjamkan kartu kredit ataupun pemilik kartu tersebut bukan merupakan IBO perusahaan).
-------
1. IBO yang menggelapkan dana mengakui sendiri dan memohon investigasi internal (menyerahkan surat pernyataan kesalahan).
2. Kasus telah diselesaikan 10 hari setelah menerima dana yang digelapkan.
3. IBO yang membeli secara tunai sebelum menerima retur meminta bantuan kepada IBO yang menggelapkan dana.
Skors 10 hari
 

 

2. Penerapan aturan tersebut secara rinci dijelaskan pada poin-poin berikut ini.
① Peraturan ini mulai berlaku sejak konfirmasi bukti pelanggaran setelah diterimanya keluhan kepada perusahaan.
② Apabila dalam jangka waktu yang ditentukan dalam ketentuan di atas tidak tercapai dan kasus tidak dapat terselesaikan, maka langkah selanjutnya akan diterapkan.
③ IBO yang telah melakukan dua atau lebih pelanggaran untuk mendapatkan keuntungan tunai berdasarkan peraturan di atas akan diperlakukan sebagai Tingkat A (penghapusan nama).
④ IBO yang diberi peringatan terhadap penggelapan dana dapat segera dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu setelah keputusan Peraturan Manajemen IBO sesuai dengan Pasal 41 (Diskualifikasi IBO).
⑤ Jika pernyataan yang diterima merupakan pernyataan palsu atau diubah.
⑥ Dalam hal penerimaan penggelapan dana apapun IBO harus saling membantu memecahkan masalah.
⑦ Apabila pengembalian kartu kredit ditarik setelah memproses permohonan dan aplikasi IBO tersebut ditolak, maka perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kembalinya kartu kredit tersebut.


Bab 6: Peringatan dan Ketentuan Pemutusan IBO

 

[Pasal 40] Peringatan
Jika IBO tidak mematuhi larangan IBO ataupun melanggar peraturan manajemen IBO, maka perusahaan akan memberikan peringatan terhadap IBO tersebut.

 

[Pasal 41] Ketentuan Pemutusan IBO
1. Status IBO ditangguhkan apabila:
①  IBO melakukan pelanggaran serius dan menimbulkan masalah besar.
② IBO yang telah diperingatkan pertama kali, namun melakukan pelanggaran kembali (meskipun jenis pelanggarannya berbeda).
③  IBO kembali mendaftarkan diri ke perusahaan dengan nama lain dan melakukan kegiatan berbisnis sebelum batas waktu 6 bulan setelah pemutusan dan pembatalan kontrak.

2. Perusahaan dapat langsung memutuskan kontrak tanpa peringatan sebelumnya apabila IBO melakukan pelanggaran serius. Akan tetapi, perusahaan akan memberitahu kepada IBO tersebut mengenai pelanggaran yang dibuatnya.

3. IBO yang memenuhi syarat pemutusan kontrak, baik IBO level biasa maupun tinggi akan dikenakan suspensi minimal satu bulan hingga maksimal dua tahun.

4. IBO yang dikenakan suspensi kehilangan hak sebagai IBO berikut ini :
① Membeli barang dan berwenang sebagai IBO
② Merekomendasikan IBO baru
③ Mendapatkan pendapatan dan tunjangan, berdasarkan pada selang tunjangan yang didapatkan.

5. Dalam memberikan suspensi pada IBO, Perusahaan secara rata sama-sama menilai beratnya fakta pelanggaran yang dilakukan IBO apakah pengakuannya benar, pertanggungjawabannya atas edukasi mengenai kejujuran, dan pertanggungjawaban manajerial sebagai pemimpin. Hukuman akan dikenakan, baik bagi IBO dengan level atas maupun rendah.

6. Hal-hal yang Berhubungan dengan Suspensi IBO Nonaktif Selama Enam Bulan
① Selama jangka waktu 6 bulan (tanpa penjualan dan bonus), fungsi IBO nonaktif dihentikan sementara dan posisinya dihilangkan dari struktur perusahaan. Selain itu, hak log masuk ke dalam laman perusahaan (login), pembayaran bonus, dan wewenang IBO reguler lainnya untuk sementara dihentikan.
② Selama jangka waktu 6 bulan nonaktif, pekerjaan yang disebabkan kosongnya posisi dikelola dengan cara diedarkan secara berkala (ketika menghitung bonus gaji atau Batch Job akhir bulan) setiap bulannya.
③ Meskipun dalam bagan organisasi memiliki posisi yang kosong, namun tingkat sub-IBO yang direkomendasikan tidak secara otomatis berubah. Betapapun orang yang direkomendasikan menyampaikan bahwa bagan organisasi memiliki posisi yang kosong karena terdapat IBO berstatus nonaktif, status anggota tersebut tidak dapat diubah secara otomatis tanpa sepengetahuan sub-penjual lainnya karena melanggar etika.
④ IBO yang status sebelumnya kosong dalam struktur perusahaan dapat menunjuk suporter dan recommender baru, kemudian melakukan proses registrasi ulang jika ingin mendaftar kembali.


Bab 7: Pengunduran Diri, Syarat Pembatalan dan Kehilangan Kontrak

 

[Pasal 42] Pengunduran Diri
IBO, terlepas pertimbangan dari siapapun, dapat mengajukan pengunduran diri.

[Pasal 43] Syarat Pembatalan dan Kehilangan Kontrak
1. IBO yang mengundurkan diri dari perusahaan secara otomatis akan dibatalkan kedudukan IBO-nya dan kehilangan seluruh hal-hal yang berkaitan (dengan perusahaan).
2. Kedudukan IBO akan hilang jika termasuk ke dalam salah satu poin berikut ini.
① Sebagai akibat dari melanggar peraturan, apabila dalam waktu 10 hari setelah peringatan pertama belum menyerahkan laporan dan surat permohonan maaf, maupun pengembalian dokumen karena kesalahan dalam pencatatan ataupun perubahan alamat tanpa pemberitahuan sebelumnya akan dianggap sebagai pembangkangan.
② Melakukan pelanggaran kembali setelah peringatan pertama.
3. Perusahaan dapat membatalkan kedudukan IBO tanpa peringatan ataupun prosedur pembatalan terlebih dahulu bagi IBO yang memunculkan kritik tajam/skandal berat. IBO yang dibatalkan kedudukannya akan diputuskan seluruh hubungan dengan perusahaan yang terikat oleh hukum dan semua hak sebagai IBO tidak dapat digunakan kembali.
4. Perusahaan, dalam hal ini kepada IBO yang dibatalkan kedudukannya termasuk IBO level atas, secara rata sama-sama menilai beratnya fakta pelanggaran yang dilakukan IBO apakah pengakuannya benar, pertanggungjawabannya atas edukasi mengenai kejujuran, dan pertanggungjawaban manajerial sebagai pemimpin. Hukuman akan dikenakan, baik bagi IBO dengan level tinggi maupun rendah.

[Pasal 44] Pendaftaran Ulang IBO
1. IBO yang kehilangan kedudukannya, baik karena mengundurkan diri, tindakan disipliner, maupun alasan lainnya, dapat mendaftar kembali sebagai IBO baru (posisi terendah) sampai 180 hari setelah keluar perusahaan.
2. Bagi IBO yang keluar akibat tindakan disipliner, perusahaan dapat secara permanen menolak pendaftaran IBO tersebut.

 

Peraturan Lainnya

 

1. Sistem Pembayaran Bonus Menurut Perbedaan Tingkat
Sistem pembayaran bonus IBO PT Gemma Korea berdasarkan tingkat catatan penjualan sama sekali tidak ditekankan kepada IBO sebagai tujuan (goal) prestasi penjualan. Setiap IBO memiliki perencanaan bisnis dan kemampuan masing-masing sesuai dengan tujuan utama penjualan yang direncanakannya.

2. Peraturan Mengenai Retur Barang
(1) Membawa identitas diri (KTP, SIM)
(2) Detail transaksi produk yang akan diretur
(3) Bukti segel/tanda (tujuan pengajuan retur)
(4) Formulir aplikasi penarikan
(5) Produk yang rusak ataupun tidak dapat dijual kembali

3. IBO kapanpun dapat mengajukan permohonan untuk keluar dan perusahaan tidak akan membebankan persyaratan apapun (lihat peraturan pasal 22 ayat 4).

4. Kewajiban IBO
(1) Calon IBO harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu di perusahaan kami.
(2) Ketika melakukan transaksi penjualan kepada pelanggan retail, “form pengajuan pemesanan dan tanda terima” sebelum tertanda pada kontrak perjanjian yang tertulis pada nota tugas harus diisi dengan sebenar-benarnya.
(3) Apabila pelanggan retail menggunakan hak untuk menarik penjualan dalam kontrak penjualan produk yang telah disepakati bersama, maka “form pengajuan pemesanan dan tanda terima” harus dibuat dua salinan untuk pelanggan retail dan untuk disimpan oleh IBO selama lebih dari enam bulan.

5. Pengajuan Penarikan Diri IBO
Bagi IBO yang telah dibayarkan bonusnya ketika mengajukan penarikan diri, maka perusahaan dapat mengajukan hak pengembalian dan IBO terkait harus mengembalikan bonus tersebut pada perusahaan.

6. Larangan Pemindahan dan Pengambilalihan dalam Struktur Penjualan
Dilarang berpindah atau mengambil alih struktur penjualan dan ranking IBO. Namun, hal ini tidak berlaku dalam hal mewarisi status IBO maupun dalam hal transfer, pemindahan ataupun penggabungan usaha.

7. Larangan Bagi IBO
IBO tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan berikut ini selama berkegiatan sebagai IBO di perusahaan kami.
(1) Memaksakan kontrak penjualan barang, dsb. ataupun memberi pengaruh pada pihak lain dengan tujuan menarik langganan atau menghentikan kontrak.
(2) Menyampaikan fakta-fakta yang salah ataupun berlebihan guna mendorong transaksi dengan pihak lain dengan menggunakan menipu atau informasi yang menyesatkan.
(3) Menarik uang dari calon anggota IBO melebihi tingkat yang ditentukan, terlepas dari nama maupun bentuknya.
(4) Memberikan bonus kepada IBO untuk rekrutmen sub-IBO itu sendiri ataupun membayar keuntungan ekonomi selain dari sponsor tanpa alasan semata.
(5) Mengubah alamat, nomor telepon, dll. dengan tujuan untuk menghalangi penghentian kontrak, penarikan langganan, dsb.
(6) Mengabaikan dalam waktu yang lama karena kurangnya tenaga kerja ataupun peralatan yang diperlukan untuk penanganan permasalahan dan keluhan, serta membuat pihak lain tidak nyaman.
(7) Menyalurkan barang secara sepihak meskipun tidak ada tawaran pihak lain, kemudian menuntut pembayaran barang, dsb. seperti menggembar-gemborkan barang ke pihak lain ataupun menjual barang ke IBO yang lebih rendah.
(8) Memaksa konsumen untuk membeli barang atau menawarkan secara paksa melalui telepon, fotokopi, atau komunikasi via computer meskipun mereka telah mengindikasikan bahwa mereka tidak mau membelinya.
(9) IBO menggunakan kedudukannya sebagai sub-IBO dengan menggunakan status sosialnya ataupun memaksa IBO untuk membeli barang dan sejenisnya dari sub-IBO.
(10) Memaksakan kegiatan wajib pelatihan, menginap, dsb. terhadap calon IBO meskipun tidak diinginkan.
(11) Melakukan kegiatan sebagai IBO meskipun tidak terdaftar sebagai IBO.
(12) Menggunakan informasi mengenai konsumen di luar lingkup izin ataupun tanpa seizin mereka.
(13) Berpindah atau mengambil alih struktur penjualan dan ranking IBO. Namun, hal ini tidak berlaku dalam hal mewarisi status IBO maupun dalam hal transfer, pemindahan ataupun penggabungan usaha.
(14) Ketika Anda mendaftarkan IBO Anda, Anda diharuskan untuk menggunakan buku tabungan pribadi. Perusahaan akan mengambil tindakan disipliner apabila buku tabungan yang dipakai salah.
(15) Melanggar tindakan lainnya yang tertulis dalam peraturan Komisi Perdagangan (Fair Trade Commission) yang mengatur pencegahan pelanggaran undang-undang dan keselamatan konsumen.

 

Informasi Mengenai Pengumpulan, Penggunaan, dan Penyediaan Informasi

 

1. Informasi Pribadi yang Dikumpulkan
- Nama, identitas diri, kata sandi, surel, nomor telepon, alamat, nomor rekening bank
2. Tujuan Pengumpulan Data
- Nama, identitas diri, kata sandi : proses verifikasi
- Surel, nomor telepon : notifikasi pengantaran, invoice, akurasi pengantaran barang
- Nomor rekening bank : pembayaran, penyelesaian pembelian barang, pengembalian uang
3. Periode Retensi Informasi Pribadi yang Dikumpulkan
- Penyimpanan penarikan kontrak atau langganan: 5 tahun
- Penyimpanan pembayaran dan penawaran barang: 5 tahun
- Penyimpanan keluhan konsumen atau perselisihan: 3 tahun
4. Pengolahan Informasi Pribadi untuk Konsinyasi
- Pengiriman barang pesanan: Pemesanan informasi ke perusahaan kurir, informasi pengiriman
 

Up